TUGAS 1 REKAYASA KEBUTUHAN - STUDI KASUS APLIKASI PEDULI LINDUNGI

 TUGAS 1 RK A

Studi Kasus Aplikasi Peduli Lindungi

Oleh:

James Rafferty Lee

05111940000055


  1. Deskripsi Aplikasi

    Peduli Lindungi adalah aplikasi pelacak Covid-19 yang digunakan secara resmi untuk pelacakan kontak digital di Indonesia. Sebagai aplikasi pelacakan kontak digital, PeduliLindungi menggunakan fitur GPS ponsel untuk melacak keberadaan penggunanya. Ponsel tiap penggunanya akan saling bertukar identitas anonim apabila berada di jangkauan GPS yang sama dan menyimpan data tersebut selama 14 hari. Pelacakan ini berguna untuk mengetahui apakah seseorang pernah berada dekat dengan kasus suspek, konfirmasi, dan kontak erat. Selain itu, pelacakan ini juga dapat memberitahu pengguna ketika berada di zona merah maupun hijau beserta data kasus Covid-19 di tempat tersebut.


    Peduli Lindungi juga menyediakan fitur layanan konsultasi dokter dari jarak jauh, atau dikenal sebagai teledokter. Fitur ini bekerja sama dengan beberapa pihak layanan kesehatan, seperti Halodoc, Telkomedika, Good Doctor, dan Prosehat. Fitur ini dapat digunakan oleh masyarakat yang mengalami gejala atau sedang isolasi mandiri.


    Pendaftaran vaksinasi dan pengunduhan sertifikat vaksinasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi ini. Sertifikat vaksinasi dapat diunduh 1–3 hari setelah vaksinasi. Meskipun demikian, data vaksinasi mungkin tidak tercantum pada aplikasi hingga melebihi waktu tersebut sehingga masyarakat harus mengubungi surel PeduliLindungi.


    Peduli Lindungi juga membantu dalam melihat fasilitas-fasilitas kesehatan yang berada di sekitarnya, serta lab-lab yang bisa dikunjungi untuk tes antigen atau PCR.

2. Identifikasi User dan Stakeholder

- User

    User dari aplikasi ini adalah masyarakat Indonesia. Peduli Lindungi digunakan oleh user untuk memeroleh informasi mengenai Covid-19 dengan mudah (seperti zona merah/hijau dan data kasus), mengkonsultasi dokter (atau teledokter), mendaftarkan diri untuk vaksinasi, dan banyak lagi.

- Stakeholder

    Menurut saya, stakeholder Peduli Lindungi ada 3:

1. Pemerintah Indonesia

    Pemerintah Indonesia merupakan penyedia sumber daya untuk mengembangkan dan mempertahankan aplikasi Peduli Lindungi. Pemerintah adalah yang menyediakan dana dan mengurus tim developer.

2. Tim Developer

    Tim developer adalah tim yang mengembangkan aplikasi Peduli Lindungi serta yang mengurus dan mempertahankan aplikasi supaya selalu berjalan dengan baik dan lancar

3. Masyarakat

    Masyarakat juga merupakan stakeholder, mereka yang merasakan manfaat aplikasi.. Masyarakat dapat memberi feedback ke aplikasi sehingga dapat berjalan dengan baik. Kooperasi masyarakat juga sangat dibutuhkan supaya tracking dan tracing dapat berjalan dengan lancar.

4. Penyedia Fasilitas Kesehatan

    Penyedia fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas dapat merasakan manfaat aplikasi dengan mendapatkan informasi mengenai banyak hal, serta dapat membantu dalam reservasi.

5. Penyedia Fasilitas Umum

    Penyedia fasilitas umum seperti mall dan toko-toko juga merupakan stakeholder karena mereka memiliki kebutuhan dalam membatasi jumlah masuknya pengunjung serta menyediakan riwayat pengunjung melalui Peduli Lindungi.

6. Ketua Satuan Tugas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan Indonesia

    Beliau juga merupakan stakeholder karena memiliki kebutuhan khusus dalam jalannya Peduli Lindungi.

7. Mitra Aplikasi Layanan Kesehatan:

    Mitra aplikasi layanan kesehatan juga merupakan stakeholder karena mereka juga membantu dalam memberi layanannya melalui Peduli Lindungi.

3. Kebutuhan-kebutuhan User & Stakeholder


- Pemerintah Indonesia

    Pemerintah Indonesia memerlukan aplikasi untuk tracking, pengawasan, dan monitoring kasus Covid-19 supaya dapat menurunkan dan menekan penyebaran Covid-19, serta mendata informasi mengenai Covid-19. Pemerintah juga ingin memperlancar jalannya vaksinasi dan hal-hal yang terkait dengan kesehatan.

- Tim Developer

    Tim developer butuh untuk menyelesaikan segala masalah yang muncul mengenai aplikasi Peduli Lindungi. Aplikasi juga harus dibuat dengan baik, dan bahwa aplikasi akan dapat di-maintain dengan lancar.

- Masyarakat

    Masyarakat memerlukan aplikasi yang dapat membantu mereka memperoleh informasi mengenai Covid-19 dengan mudah (seperti zona merah/hijau dan data kasus), mengkonsultasi dokter (atau teledokter), mendaftarkan diri untuk vaksinasi, dan mencari fasilitas kesehatan

- Penyedia Fasilitas Kesehatan

    Penyedia fasilitas kesehatan mendapat informasi mengenai Covid-19 yang dapat membantu operasinya, serta dapat memonitor jumlah masuknya pasien ke dalam fasilitasnya dan memperlancar jalannya vaksinasi.

- Penyedia Fasilitas Umum

    Penyedia fasilitas umum seperti mall dan toko-toko membatasi jumlah masuknya pengunjung serta menyediakan riwayat pengunjung melalui Peduli Lindungi untuk mencegah menyebarnya Covid-19

Ketua Satuan Tugas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan Indonesia

    Beliau membutuhkan Peduli Lindungi untuk membantu dalam menginformasikan kebijakan-kebijakan mengencai Covid-19.

- Mitra Aplikasi Layanan Kesehatan:

    Mitra aplikasi layanan kesehatan membantu dalam memberi layanan kesehatan secara jarak jauh melalui Peduli Lindungi.


4. Aspek Penting Tambahan

  1. Koneksi internet yang memadai dan stabil
  2. Server yang besar dan lancar
  3. Kemanan data yang kuat
  4. Sumber daya manusia yang baik
  5. Perangkat user yang kuat
  6. Perilaku masyarakat yang patuh dan empatis

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 7 Rekayasa Kebutuhan A - VIRA BCA

EAS RK A - James Rafferty Lee